Pradnyagama

Bagaimana Emosi Berperan dalam Hidup Kita

21 Oktober 2023

Ni Made Pradnya Amadeandra Kusuma, M.Psi, Psikolog

Halo Sahabat Cinta! Kali ini kita akan belajar mengenai emosi serta peran emosi dalam kehidupan kita. Apakah Sahabat Cinta menyadari kalau setiap harinya kita merasakan berbagai jenis emosi. Mulai dari marah, senang, sedih, jijik dan masih banyak lagi. Terkadang, emosi tersebut muncul tanpa kita sadari dan reda dengan sendirinya. Sebenarnya, apa sih itu emosi dan perannya dalam kehidupan manusia?

Berkenalan lebih dekat dengan emosi

Di awal tadi kita sudah menyadari, bagaimana emosi selalu menjadi bagian dari keseharian kita. Tapi sebenarnya, emosi itu apa sih? Emosi adalah reaksi yang kita tunjukkan ketika ada perubahan atau tantangan dari lingkungan. Misalnya nih ketika kita sedang kehilangan teman terdekat, apa yang kita rasakan saat itu? Yap, merasa sedih. Kita merasa sedih sebagai respon kita terhadap kehilangan.

Ternyata, emosi yang ditunjukan oleh setiap orang terhadap satu peristiwa bisa berbeda-beda

Yap, emosi itu sifatnya subjektif. Emosi yang kita alami terhadap suatu peristiwa akan berbeda dengan orang lain karena masing-masing punya pengalaman yang berbeda. Makanya, kita sering ngerasa sulit untuk memahami emosi orang lain, atau merasa orang lain gak paham dengan apa yang lagi kita rasakan.

Misalnya ketika mengunjungi sebuah tempat. A mungkin merasa biasa saja saat berkunjung ke tempat itu, tapi B merasa sedih karena memiliki kenangan dengan tempat tersebut

Ketika emosi muncul, tubuh kita juga memberikan respon tertentu

Ketika kita mengalami emosi, akan ada respons perilaku yang mengikutinya: misalnya tersenyum ketika sedang bahagia, menangis ketika sedang sedih, dan sebagainya.

Jenis-jenis emosi ada apa aja sih kak?

Ada dua jenis emosi, yaitu emosi dasar dan emosi kompleks. Emosi dasar adalah emosi yang mudah dikenali dari ekspresi wajah atau perilaku, misalnya emosi bahagia, sedih, takut, marah, kaget dan jijik. Sedangkan emosi kompleks lebih sulit untuk dikenali dari ekspresi wajah karena tiap orang mengekspresikannya dengan cara yang berbeda-beda, contohnya cemburu, iri, malu, rasa bersalah, dll.

Akhir Kata

Jadi, emosi muncul karena kita diharuskan untuk beradaptasi yah, sehingga peran emosi itu sebenarnya sangat baik untuk diri kita. Dan ingat, emosi itu sifatnya netral. Tidak ada emosi yang negatif, atau pun emosi yang positif karena emosi merupakan reaksi yang wajar ketika kita menghadapi sebuah tantangan.

Semua emosi yang kita rasakan memang sebaiknya diterima dan diekspresikan dengan cara yang sehat. Menolak atau berusaha mengubur emosi gak bakalan bikin kita ngerasa lebih baik. Ibarat sebuah botol air yang sudah penuh, air itu harus segera dikeluarkan agar tidak merembes kemana-mana, atau bahkan bikin botolnya pecah ☹️

Ketahui Tingkat Stress, Depresi, dan Kecemasan Anda

Pradnyagama menyediakan alat tes online yang dapat membantu Anda menilai tingkat stres, depresi, dan kecemasan yang mungkin Anda alami. Tes ini gratis dan dapat diakses dengan mudah secara online.

Ketahui Tingkat Stress, Depresi, dan Kecemasan Anda

Pradnyagama menyediakan alat tes online yang dapat membantu Anda menilai tingkat stres, depresi, dan kecemasan yang mungkin Anda alami. Tes ini gratis dan dapat diakses dengan mudah secara online.