Pradnyagama

Cemas vs Gangguan Kecemasan, bedanya apa sih?

21 Oktober 2023

Ni Made Pradnya Amadeandra Kusuma, M.Psi, Psikolog

Apa sih sebenarnya kecemasan itu?

Kecemasan adalah salah satu bentuk antisipasi manusia terhadap ancaman yang dirasa membahayakan, sehingga manusia dapat merencanakan serangkaian kegiatan untuk mencegah terjadinya ancaman.

Contoh: Merasa cemas karena kasus COVID-19 mulai masuk ke Indonesia, sehingga aku harus menjaga imunitas tubuhku dengan makan-makanan yang sehat dan menjaga perilaku bersih dan sehat.

Kenapa ya kita sering merasa cemas?

Umumnya, kita merasa cemas jika dihadapkan pada beberapa situasi, seperti:

  • Situasi yang penuh dengan ketidakpastian
  • Situasi yang tidak dapat diprediksi
  • Situasi yang baru dan belum pernah dialami sebelumnya.

Apakah merasa cemas itu perlu?

Semua orang pasti merasa cemas, karena kecemasan dan kekhawatiran dalam porsi yang cukup dapat membantu kita untuk merencanakan hal-hal agar dapat terhindar dari sebuah ancaman dan memotivasi kita untuk mendapatkan hal-hal yang kita inginkan.

Namun, kecemasan dapat menimbulkan permasalahan apabila muncul di situasi yang kurang tepat dan dengan porsi yang berlebihan. Apabila sudah mengganggu kehidupan sehari-hari, maka kecemasan dapat berkembang menjadi GANGGUAN KECEMASAN.

Kenali tanda-tanda dari tubuhmu saat kamu mengalami kecemasan:

Tubuhmu adalah alat deteksi yang paling baik untuk dirimu sendiri. Jadi, ketika kamu merasa cemas, pasti tubuh akan memberikan sinyal pada dirimu agar kamu bisa mengelola kecemasan itu. Kira-kira, sinyal yang diberikan apa aja yah?

  • Bahu yang menegang
  • Sakit kepala
  • Jantung berdebar
  • Tangan atau kaki bergetar (tremor)
  • Nyeri punggung
  • Telapak tangan berkeringat
  • Nafas menjadi lebih berat bahkan sesak nafas
  • Penglihatan kabur

Bagaimana cara mengatasi kecemasan?

  • Tuliskan emosi yang sedang kamu rasakan. Analisa emosi kita dengan cara menuliskan, kita lagi ngerasa gimana sih hari ini? Dan kira-kira kenapa ya? Dengan cara ini, kita bisa lebih menyadari emosi kita sendiri
  • Ayo Bergerak! Yuk kita bergerak, bisa beres-beres rumah, bisa olahraga.. atau berkebun di halaman bersama keluarga?
  • Batasi waktu penggunaan sosial media. Kadang, kecemasan itu timbul karena banyak berita-berita negatif yang bikin kita tambah cemas, nah maka dari itu kita mulai saring informasi yang ada di sosial media yuk!
  • Latihan Mindfulness. Dengan berlatih mindfulness, kita bisa lebih menyadari keberadaan kita saat ini dan menikmatinya.

Semua emosi yang kita rasakan memang sebaiknya diterima dan diekspresikan dengan cara yang sehat. Menolak atau berusaha mengubur emosi gak bakalan bikin kita ngerasa lebih baik. Ibarat sebuah botol air yang sudah penuh, air itu harus segera dikeluarkan agar tidak merembes kemana-mana, atau bahkan bikin botolnya pecah ☹️

Mindfulness untuk Mengelola Kecemasan

Apa sih itu mindfulness?

Mindfulness adalah salah satu cara untuk memusatkan perhatian dengan cara penuh kesadaran, fokus pada peristiwa sekarang tanpa menilai peristiwa tersebut. Mindfulness dapat menstabilkan kondisi fisik dan gejolak emosi kita, serta meningkatkan perhatian dan konsentrasi. Kunci dari Mindfulness yakni:

  • Sadari: Menyadari apa yang sedang terjadi, bagaimana sensasi di dalam tubuhku? Apa yang aku pikirkan dan rasakan?
  • Terima: tuliskan dampak yang dirasakan baik secara emosional, karir, finansial, dll.
  • Syukuri: mensyukuri peristiwa saat ini, dengan membuat daftar hal-hal yang bisa disyukuri setiap harinya. Contoh: “Aku bersyukur masih memiliki dana cadangan”, “Aku bersyukur masih mendapatkan gaji pokok” “Aku bersyukur karena keluargaku sehat”
  • Mengalir: Menikmati semua yang terjadi, membuat rencana kerja dan hidup yang menyenangkan, atau mencoba melakkan hal-hal di luar rutinitas.
  • Adaptasi: “Hmm kira-kira, apa ya yang perlu dihemat? Apa yang perlu diubah ya?”
  • Maknai: “Apa ya makna dari pandemic ini? Apakah aku diminta untuk berkumpul lebih sering dengan keluargaku? Apakah aku diminta untuk menyiapkan dana darurat untuk menghadapi situasi seperti ini?”

Ketahui Tingkat Stress, Depresi, dan Kecemasan Anda

Pradnyagama menyediakan alat tes online yang dapat membantu Anda menilai tingkat stres, depresi, dan kecemasan yang mungkin Anda alami. Tes ini gratis dan dapat diakses dengan mudah secara online.

Ketahui Tingkat Stress, Depresi, dan Kecemasan Anda

Pradnyagama menyediakan alat tes online yang dapat membantu Anda menilai tingkat stres, depresi, dan kecemasan yang mungkin Anda alami. Tes ini gratis dan dapat diakses dengan mudah secara online.